Google
 
Showing posts with label Automotive. Show all posts
Showing posts with label Automotive. Show all posts

Thursday, March 27, 2008

C3 - CAR CARE CENTER

Franchise business type: Car wash, Care & Protection, Snow Wash & Natural Wash

Franchise Fee: Rp 25jt-75jt

Franchise capital investment: Rp 100jt-475jt

Available package: 5 Packages: car care only, car wash only, car wash & car care, car cash & car care & car protection, car wash, car care, car protection & Tire

Franchisee requirement: CV or PT

Head office address: Jl. K.H. Mas Mansyur No. 140
(sebelah Wisma Dharmala Sakti Jend. Sudirman)
Jakarta Pusat - Indonesia
Tel. +62 21 5785 2722, 688 76 245 Fax. +62 21 8690 1007

URL: http://www.c3indonesia.com/


KEUNGGULAN Kemitraan Usaha Franchise C3
  • Mitra usaha dapat memulai usaha tanpa harus memiliki pengalaman di bidang otomotif.
  • Resiko usaha yang kecil.
  • Biaya investasi yang rendah.
  • Jumlah member yang besar.
  • Profit margin tinggi, sehingga Pay Back Period cepat (LESS THAN 1 YEAR).
  • Langsung menjadi bagian dari grup besar Perusahaan perawatan mobil terbaik C3.
  • Memiliki brand awareness yang tinggi.
  • Jaringan usaha yang kuat bermitra dengan ATPM, Asuransi mobil, Komunitas pemilik mobil dan organisasi berpengaruh lainnya.
  • Program pemasaran dan promosi yang intensif serta berkesinambungan.
  • Sistem Informasi Manajemen dengan teknologi tinggi.
  • Dukungan penuh dalam strategi bisnis, pelatihan, dan pemasaran serta promosi usaha.
  • Menggunakan teknologi yang canggih dalam mendukung operasional usaha.
  • C3 berkomitmen terus menerus melakukan inovasi baik dalam Produk maupun Servis.

PAKET INVESTASI
Mitra Usaha dapat menyesuaikan paket investasi usaha secara fleksibel, mulai dari Paket Usaha CAR CARE (CC) only dengan investasi awal Rp. 100.000.000, yang sudah termasuk 5 years (5 tahun) Franchise Fee Rp. 25.000.000 dengan kebutuhan luas lahan usaha minimal 50 m2. Atau pilihan paket CAR WASH (CW) only, CW + CC, CW + CC + CAR PROTECTION (CP) atau CW + CC + CP + TYRE SHOP
Lahan usaha strategis berlokasi di SPBU, Mal, Ruko dapat dipertimbangkan.

Wednesday, March 26, 2008

Raja Motor

Franchise Name: Raja Motor
Franchise Fee: Rp. 75jt
Capital investment: Rp.230jt
Office Address: Cibubur Point Automotive Center, Ruko B3A
Jl. Alternatif Cibubur km 1. Cibubur, Depok
Telp. (021) 84596707 / (021) 8451728
Fax. (021) 8730216 E-mail:
franchise@raja-motor.com

Phone: 021-84596707 / 0816-850775
URL: www.raja-motor.com






Franchise Fee (5 tahun)
Set Up Store
Stock Awal
Legal Fee
Modal Kerja Awal

Rp. 75,000,000
Rp. 80,000,000
Rp. 125,000,000
Rp. 5,000,000
Rp. 20,000.000
Total Investasi Awal
Rp. 305,000,000
Perkiraan Pendapatan per Bulan


Omzet Penjualan
(Rp.3,5jt per hari x 30 hari)

Rp. 105,000,000

Gros Profit rata-rata 20% x omzet

Rp. 21,000,000
Perkiraan Pengeluaran per Bulan


Gaji 5 orang pegawai

Listrik, Telepon dan Air
Rp. 5,000,000

Rp. 1,000,000
Total Biaya bulanan
Rp. 6,000,000
Laba per Bulan
Rp. 15,000,000
Perkiraan Balik Modal
20 bln

AUTO BRIDAL INDONESIA

Franchise business type: Salon Mobil

Head office address:
PT. ZETLIN OVIS INTERNATIONAL
Alamat:
Chase Plaza Tower Lt. 7 Sudirman Kav 21
Jakarta
DKI
Indonesia
Telepon: 021 - 5712203
Fax: 021 - 5270012

Keterangan: Franchise Hotline : 0811-200-570

URL: http://autobridal.com/

Manfaat dan Keuntungan
  1. Anda memiliki usaha dengan sistem yang sudah matang dan teruji. Dengan demikian tingkat keberhasilan usaha bisa ditingkatkan dan tingkat kegagalan bisa ditekan.
  2. Anda tidak perlu memiliki keahlian dan pengalaman di bidang salon kecantikan mobil.
  3. Anda memiliki usaha dengan tingkat keuntungan yang tinggi dan masa pengembalian investasi yang relatif singkat.
  4. Link Network bisnis yang tersebar diseluruh Indonesia .
Untuk dapat memiliki franchise The Auto Bridal, Anda harus menyediakan beberapa hal, sebagai berikut :

Menyiapkan Dana untuk membeli franchise The Auto Bridal sebesar: Rp.150.000.000.00 —› Biaya franchise fee.


Dana " Rp.150.000.000,00* s/d Rp300.000.000*,00 —› Biaya untuk membeli peralatan salon, cuci standard AutoBridal dan semua perlengkapan peralatan keperluan outlet, mulai dari transport dan akomodasi artis, tv, mc dll (* Biaya tergantung pada merek barang & jumlah barang yg dibutuhkan).
Dana tersebut diserahkan kepada pihak franchisor dalam 2 termin.
Termin pertama yaitu pada saat penandatanganan kontrak kerjasama.
Termin kedua yaitu selambat – lambatnya 1 bulan sebelum grand launching diselenggarakan.

Lahan untuk lokasi The Auto Bridal dengan spesifikasi sebagai berikut :
* Luas lahan 700 – 1.000 m2
* Perbandingan luas lahan terbuka dan bangunan kurang lebih 1 : 1
* Sumber air tanah
* Listrik kurang lebih 10.000 watt
* Lokasi lahan strategis, antara lain berada di pinggir jalan besar, jalur yang cukup sibuk ( banyak dilalui kendaraan roda empat ), atau berada di dekat kawasan perumahan kelas menengah ke atas.

Dana untuk dekorasi dan setting tempat kurang lebih Rp 30.000.000,00 ( tiga puluh juta rupiah ). Dekorasi dan set up lokasi diperkirakan memakan waktu kurang lebih 1 bulan.

Menyediakan tenaga siap latih untuk ditempatkan sebagai karyawan The Auto Bridal.


Kewajiban Franchisor

Menyiapkan semua perlengkapan dan peralatan salon mobil The Auto Bridal, meliputi antara lain : 4 single-post ( hidrolic ), compressor, mesin snow, high pressure, vacuum, mesin poles, kunci – kunci, peralatan , dan peralatan lainnya.

Mempersiapkan keterampilan man power untuk operasional The Auto Bridal dengan melakukan training karyawan The Auto Bridal, yang meliputi :

• Bagian pencucian mobil : 15 orang
• Bagian salon mobil : 8 orang
• Bagian customer service : 2 orang
• Kasir : 1 orang
• Marketing : 1 orang

Seragam bagi karyawan The Auto Bridal
Bahan – bahan salon mobil untuk persediaan selama 2 – 3 bulan.
Segala macam barang percetakan seperti amplop, kertas, dan barang – barang lainnya yang menggunakan logo The Auto Bridal.
Teknis promosi pada saat grand launching, yang kemudian akan ditayangkan di Metro TV pada acara Otoblitz pada hari Rabu pukul 21.30. Liputan tersebut akan ditayangkan pada Otoblitz minggu berikutnya setelah Grand Launching dilaksanakan.
Mendatangkan Artis pada saat grand launching.


Kewajiban yang Ditanggung Pihak Kedua
1. Neon box dan papan reklame : ± Rp 10.000.000,00
2. Anggaran iklan di koran : ± Rp 10.000.000,00
3. Anggaran acara.


Pembagian Hasil
Baik pendapatan dan biaya operasional The Auto Bridal menjadi tanggungan bersama pihak franchisor dan franchisee dengan porsi sesuai dengan kesepakatan bersama. Bagian pendapatan bersih untuk franchisor ditransfer oleh pihak franchisee ke pihak franchisor setiap awal bulan pada bulan berikutnya.
Sharing Profit dapat dilakukan dengan dua sistem
Sistem pertama sharing profit passive 10 : 90
Master Franchisor
10% ( Pasif )
Franchisee 90%
Atau dengan sistem pembagian hasil tutup omzet Rp.3.000.000.- /bulan selama 1 tahun.


Operasional
  1. Penanggung jawab utama adalah pihak franchisee sebagai pemilik usaha.
  2. Pengelolaan harian dipegang oleh pihak franchisee.
  3. Status kepemilikan semua peralatan The Auto Bridal adalah milik pihak franchisor. (Selama waktu tertentu )

Pembagian Hasil

Mendapat Sharing Profit sebesar 5% dari netto setiap Dealer Auto Bridal dan
Mendapat Fee sebesar Rp.10.000.000.- (#Sepuluh Juta Rupiah#) dari setiap pembentukan Dealer Auto Bridal di daerah tersebut.

PERHITUNGAN INVESTASI

Berikut adalah asumsi Minimal yang digunakan dalam menyusun proyeksi keuangan tahun pertama The Auto Bridal apabila kita memakai Peralatan yg High End and Promosi yang Maximal:
  1. Untuk pencucian mobil, 1 single push hidrolik bisa menangani max 20 mobil per harinya. Dengan 4 single push, jumlah mobil yang bisa ditangani maksimal adalah 80 mobil.\\
  2. Rata – rata jumlah mobil yang dicuci per hari adalah 50 mobil.
  3. Untuk salon mobil, jumlah mobil yang bisa ditangani setiap hari adalah 4 mobil dengan lama pengerjaan 2 hari. Maka rata-rata mobil yang masuk setiap hari adalah 2 mobil.
  4. Ongkos yang dikeluarkan untuk tiap mobil yang masuk ke salon mobil rata – rata Rp 500.000,00 untuk setiap kedatangan.
  5. Pengerjaan Cuci Poles minimal 5/hari.
  6. Pengerjaan Paint Protection minimal 1/ hari
  7. Pengerjaan Anti Karat minimal 1/hari
Pendapatan per bulan :

Pendapatan pencucian mobil :

30 (mobil/hari) x 30 (hari) x Rp 25.000,- (/mobil) = Rp 22.500.000,00

Pendapatan cuci poles mobil :

5 (mobil/hari) x 30 (hari) x Rp 75.000,- (/mobil) = Rp 11.250.000,00

Pendapatan salon mobil :

1 (mobil/hari) x 30 (hari) x Rp 500.000,- (/mobil) = Rp 15.000.000,00

Pendapatan anti karat

1 (mobil/hari) x 30 (hari) x Rp 650.000,- (/mobil) = Rp 19.500.000,00

Pendapatan Paint protection

1 (mobil/hari) x 30 (hari) x Rp 250.000,- (/mobil) = Rp 7.500.000,00 +

Total pendapatan per bulan = Rp 75.750.000,00

Biaya operasional per bulan ( # Gaji karyawan# ) :

Bagian

Jumlah

Gaji/karyawan

Total

pencucian mobil

12

600.000

7.200.000

salon mobil (senior)

1

1.500.000

1.500.000

Salon mobil (junior)

6

700.000

4.200.000

Customer service

2

1.000.000

2.000.000

kasir 11.000.000 1.000.000

Marketing

1

750.000

750.000

Total

16.650.000

Rincian Pengeluaran

  • Gaji : Rp 16.650.000,00
  • Bahan – bahan : Rp 2.000.000,00
  • Listrik,telepon : Rp 2.500.000,00
  • Operasional harian : Rp 1.000.000,00+

Total pengeluaran per bln belum termasuk biaya royalty : Rp 22.150.000,00

Total pendapatan per bulan : Rp 75.750.000,00

Total pengeluaran per bulan “System Royalty 10%” (75.750.000x10%= 7.575.000 + 22.150.000) = Rp 29.725.000,00

Total pengeluaran per bulan “System Tutup Omzet” ( 3.000.000 + 22.150.000) =
Rp 25.150.000,00

* semua biaya/cost kami maximalkan

** semua pendapatan cuci/salon kami minimalkan


Pengembalian Investasi

SYSTEM SHARING PROFIT PASSIVE ( ROYALTY 10%)

Adalah Continuing Fee yang merupakan pembayaran pemakaian merek jasa Franchisor dari Franchisee dari total pendapatan kotor (bruto)/ bulan.. Franchisor tidak menanggung beban kerugian yg ditimbulkan Franchisee.

Nilai investasi yang dikeluarkan oleh franchisee sebagai dealer Auto Bridal dengan asumsi sharing profit 10% untuk master franchisee (pasif) dan 90% untuk franchisee.

Contoh perhitungan :

Jenis pengeluaran

Jumlah

Pembelian franchise

150.000.000

Pembelian peralatan

300.000.000

Sewa tempat per tahun (18 bln)

200.000.000

Renovasi tempat

30.000.000

Acara

10.000.000

Neon box + Iklan

20.000.000

Total

710.000.000

- Pendapatan per bulan Rp 75.750 .000,

- Pengeluaran per bulan Rp 29.725.000, -

- Keuntungan bersih per bulan Rp 46.025.000,-

(710.000.000 : 46.025.000 = 15.4 bulan)
Pengembalian investasi dengan system royalty = 1 thn 3bulan.

2. SYSTEM TUTUP OMZET

*)Nilai investasi yang dikeluarkan oleh franchisee sebagai dealer Auto Bridal dengan sistem tutup omzet dengan membayar Rp.30.000.000.- / tahun .

Jenis pengeluaran

Jumlah

Pembelian franchise

150.000.000

Pembelian peralatan

300.000.000

Sewa tempat per tahun (18 bln)

200.000.000

Renovasi tempat

30.000.000

Acara

10.000.000

Neon box + Iklan

20.000.000

Total

710.000.000

• Pendapatan per bulan Rp. 75.75 0.000, -

• Pengeluaran per bulan unit fee Rp. 3.000.000,-

• Pengeluaran Rp. 2 2 . 15 0.000,- +

• Pengeluaran per bulan Rp. 2 5 . 15 0.000,-

• Keuntungan bersih per bulan Rp. 50.60 0.000,-

• Total Investasi Rp. 710.000.000,-

(710.000.000 : 50.600.000 = 14bulan) = 1thn 2 bln

Maka masa pengembalian Investasi kurang lebih 1thn 2 bln.

* catatan :
- semua peralatan dianggap habis.
- tempat dianggap sewa
- omzet salon baru mulai masuk target setelah 3 bulan

*) Asumsi yang digunakan untuk tempat adalah sewa dengan biaya sewa tempat sebesar Rp 150.000.000,00 per tahun dihitung 18bulan =200.000.000. Jika status tempat tersebut adalah hak milik maka biaya sewa tempat bisa dihilangkan.

*) Catatan : Kami menganjurkan status kepemilikan areal untuk The Auto Bridal adalah milik pribadi franchisee .